Sering Digunakan? Berikut 5 Tips Mencuci Print Masker Yang Benar

Salah satu hal yang paling penting dalam menyambut new normal ini adalah dengan menggunakan masker untuk kegiatan sehari-hari. Salah satu jenis yang masih banyak memiliki peminat adalah print masker. Masker ini biasanya terbuat dari kain scuba, sehingga sering disebut dengan masker scuba. Penggunaannya yang ringan dan terdapat berbagai model membuat benda satu ini sangat diminati oleh semua orang. Berikut tips mencuci masker jenis Print Masker dengan benar.

 

Tips Mencuci Masker Tipe Full Print Yang Benar
1. Pisahkan dengan Pakaian Lain
Apabila masker tersebut merupakan masker baru, sebaiknya saat anda hendak mencucinya pisahkan dengan pakaian lain. Cara tersebut untuk mengantisipasi agar tidak ada pakaian yang kena luntur. Masker ini memiliki banyak sekali ragam gambar. Oleh karena itu, masker ini full dengan warna, sehingga dikhawatirkan saat pertama kali mencucinya akan luncur. Selain itu, agar print masker juga tidak masuk ke dalam mesin cuci.


2. Cuci Secara Manual
Masker ini identik dengan bahannya yang berasal dari kain scuba, yang memiliki ciri-ciri hampir mirip dengan kain polyester. Oleh karena itu, tidak cocok jika dicuci menggunakan mesin cuci karena bisa membuat benda ini melar. Sehingga cucilah masker tersebut secara manual. Ketika mencucinya, anda bisa menggunakan detergen yang memiliki sifat lembut. Detergen yang terlalu keras akan menyebabkan warna pada benda tersebut cepat pudar. 


3. Jangan Direndam
Saat mencuci masker ini, anda tidak perlu merendamnya. Cukup dicelupkan saja pada air yang sudah dicampur dengan detergen. Perendaman masker ini bisa mengakibatkan cetakan pada printnya akan cepat pudar. Celupkan masker ini beberapa kali, apabila tidak ada noda yang menempel maka langsung bilas. Namun, jika ada noda yang menempel, kucek secara perlahan. Karena dengan mengucek masker terlalu kuat akan membuat Masker Fullprint ini berlubang dan membuatnya tertarik ke berbagai arah.


4. Jangan Gunakan Air Panas
Para ahli telah mengatakan bahwa masker berbahan dasar kain yang telah digunakan sebaiknya dicuci dengan menggunakan air panas bersuhu 50 derajat celcius. Gunanya untuk membunuh virus dan bakteri. Namun, untuk masker scuba atau full print ini tidak bisa dicuci dengan air panas karena akan merusaknya. Untuk mengganti air panas tersebut, anda hanya perlu menyemprotkan desinfektan setelah masker kering atau mencampurnya dengan detergen.


5. Hindari Penggunakan Mesin Pengering
Selain tidak diperbolehkan mencuci menggunakan mesin cuci, anda juga tidak disarankan untuk mengkeringkannya menggunakan mesin pengering baik yang menjadi satu dengan mesin cuci maupun tidak. Pengeringan menggunakan mesin ini bisa mengakibatkan print masker ini akan melar dan berpotensi menyebabkan berlubang. Dengan begitu, anda disarankan untuk menjemur masker satu ini.


6. Jemur di Tempat yang Teduh
Karena tidak diperbolehkan dikeringkan menggunakan mesin pengering, maka cara untuk mengeringkannya adalah dengan menjemurnya. Jika masker telah selesai dicuci, maka peras terlebih dahulu hingga tidak ada tetes-tetes airnya. Kemudian baru jemurlah di tempat yang teduh. Anda tidak perlu menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Sebenarnya tidak apa-apa menjemur langsung di bawah matahari, asal jangan saat cuaca sedang terik. Paling pas yaitu saat sore sekitar jam 3.


Mudah bukan cara mencuci masker dengan fullprint diatas? Setelah dicuci dan kering, anda bisa melakukan perawatan benda ini ke tahap selanjutnya. Dengan begitu, masker anda ini akan tahan lama dan terbebas dari virus-virus jahat. Sehingga bisa melindungi anda setiap harinya ketika memakainya. Dengan begitu, anda juga akan menaati protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.